tiru meniru

Anda! para pekerja/pelajar kreatif (atau Anda! yang tertarik dengan dunia kreatif!) pernah mendengar atau bahkan pernah mengalami fenomena tiru meniru? Ketika karya Anda ditiru, apakah yang Anda rasakan? Kesal? Marah?
Mereka yang positif mungkin bisa merasa bangga, karena artinya karya mereka masuk kategori “layak ditiru” dan mereka tahu bahwa orang yang meniru tidak bisa mencapai kemampuan mereka dalam berkarya sehingga harus meniru karya mereka itu.
Ada oknum-oknum awam yang merasa hebat ketika mendapat keuntungan bagi diri mereka sendiri setelah berhasil meniru (atau berhasil menutupi kalau miliknya adalah tiruan). Namun sebagai pekerja kreatif yang berpendidikan dan mengerti sebab musabab dan konsekuensi dari tiru meniru, ada baiknya para pekerja/pelajar bidang kreatif lebih berhati-hati dalam berkarya. Berhati-hati agar tidak ditiru mungkin sulit, apalagi jika Anda termasuk yang beruntung memiliki daya cipta yang cemerlang. Namun yang lebih mudah dilakukan mungkin adalah berhati-hati agar tidak sampai meniru karya orang lain!

 

Pasti ada saatnya di mana pekerja/pelajar kreatif tidak bermaksud meniru, namun seperti yang pernah ditulis Paul Arden dalam salah satu bukunya yang kurang lebih berbunyi:

Ide kreatif adalah sebuah pengetahuan massal. Jangan pernah mengklaim kepemilikkan atas sebuah ide.

Toh ide-ide itu bukan milik anda, mereka milik bersama. Mereka ada di “luar sana”.

Anda hanya harus memusatkan pikiran anda dan mengambilnya.

Dari perkataan Arden ini, bisa dimaklumi jika kebetulan para pekerja kreatif “mengambil” ide dari sumber yang sama, inspirasi yang sama dan menghasilkan karya yang mirip. Terlebih di abad 21 ini, saat di mana pernyataan “tidak ada yang tidak mungkin” adalah benar, sudah terlalu sulit mencari ide yang benar-benar original dan baru. Sebuah ide yang dinyatakan baru saat ini acapkali adalah gabungan dari banyak ide lainnya dan diolah sehingga menjadi sesuatu yang unik dan berbeda.

Di satu titik, para pekerja/pelajar boleh jadi menemuka ide dan inspirasi di “pasar” yang identik dengan yang ada di kepala mereka. Namun inspirasi dan plagiat adalah dua hal yang berbeda.

Untuk menghindari menghasilkan karya yang terlalu mirip dengan karya yang sudah pernah ada, salah satu jalan mudah yang dapat dilakukan adalah dengan banyak melihat. Banyak mengetahui dan banyak mencari. Dari fase pencarian atau penelitian ini pulalah terkadang dapat lahir ide baru yang merupakan gabungan dari semua “perpustakaan imajinasi” yang terkumpul di dalam kepala kita dari berbagai pengalaman dan hal yang kita lihat ( dan di dalam fase “pencarian” inilah Ruang Nol berniat membantu Anda!😉 ) 

 

Merujuk tema post kali ini, Ruang Nol sangat menyarankan untuk mengunjungi situs Just Creative Design agar Anda sendiri bisa mendapatkan keputusan individual yang jelas mengenai konsep inspirasi dan tiru meniru. Dan jika Anda memiliki argumen tersendiri, silahkan berbagi dalam kolom komentar! =)

Just Creative Design :

1. Blatant Graphic Design Rips Offs or Inspiration?

2. Blatant Design Rip Offs or Just Inspiration?

 

Dari dalam negeri, banyak post dalam blog yang satu ini mampu mengundang tawa dan gelengan kepala akan fenomena tiru-meniru di Indonesia. Silahkan klik di: serasasekali

~ by K on May 21, 2009.

2 Responses to “tiru meniru”

  1. iya tuh setuju banget, akhir2 ini jadi marak “kasus” peniruan yang ga jelas juntrungannya, apakah dia benar2 meniru atau sekedar terinspirasi, atau karena engga sengaja memiliki ide yang sama…hm hm, salah satu cara untuk mencegahnya ya dengan melahap sebanyak mungkin referensi yang ada…

  2. weight loss supplement reviews It is true that being overweight is
    a lifeestyle relate problem that can be cured wit diet and exercise
    but in some cases it becomes mandatory for the dieter to take
    medicines. Personal physicians of the obese patient cannot
    firmly advise to go for diuet pills and FAO’s certificate is not with these weight loss pills.
    This test is a blood test and involves getting a blood sample
    so that it can be analyzed. If you are looking for cosmetic weight loss then you can try Phentramine-D that is a non-prescription medicine and has little or no side
    effects. Prescription and OTC (over the counter) weight loss medications are available and are very effective.
    v3 diet pill reviews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: