Ruang Nol menjawab…

Melihat komentar beberapa kawan Ruang Nol yang menanyakan serta menyatakan ketertarikan lebih lanjut akan beberapa informasi mengenai post-post Ruang Nol sebelumnya, kali ini tim Ruang Nol menyediakan satu post khusus yang bertujuan untuk mencoba menjawab rasa penasaran beberapa Kawan Ruang Nol. Jika ada penjelasan Ruang Nol yang kurang tepat atau kurang jelas, kami dengan senang hati memohon agar Kawan Ruang Nol yang lebih mengerti untuk ikut memperbaiki dan menambahkan! Terimakasih! =)

 

1. Untitled Chair (post 2 Maret 2009)

chair1 n_konyong: idee nya keren sih, tapi ga kebayang bakal bentuk dan bahan nya dari apa.. bisa kasih gambar contoh produk  aslinya tah?? makasih sebelum nya yak..

 

mimimisyel: ooohh fun chair!! hahah itu pake spring apah?

Ruang Nol: Kursi ini masih berupa ide atau konsep. Yang kita lihat di gambar ini merupakan hasil karya 3D komputer. Menurut sang designer (Alessandro Bèda), modelasi yang dikeluarkan pada Agustus 2008 ini pada ssat itu telah direncanakan untuk segera dibuat prototipenya (atau produk master untuk “percobaan”) dengan menggunakan kurang lebih 100 gas shock absorbers, yakni sejenis pegas yang akan berfungsi sebagai “per” kursi ini. Kursi ini sendiri terinspirasi dan memiliki ukuran yang persis sama dengan sebuah design kursi lainnya dari Le Corbusier yang bernama LC2 Petit Comfort

 

2. Sepatu Origami (post 18 April 2009)

sepatu1Michelle: btw itu gmana cara support kakinya?

Ruang Nol: Mudah-mudahan gambar di samping ini bisa cukup menjelaskan, karena sejujurnya Ruang Nol sulit menjelaskannya dengan ketikkan kata-kata =)

 

 

 

 

 

3. tebak! (post 20 Maret 2009)

motoi3n_konyong: knapa yah pake garam?? klo pake gula atau lada bisa ga ya?? hihihi

patz: kok gw ga liat dia tempelin pake lem ya? apa ga kegeser tuh garemnya klo keinjek? trus just for fun aje ato gmn? sayang kan yak uda setengah mati sabarnya bikin gituan trus tiba2 kena kaki lgs ancuuuuurr.. >.< (OOH! ATAu garamnya uda dicampur lem? wahahaha sumpa d bingung gw)

Ruang Nol: Seperti yang seringkali tertulis di post-post Ruang Nol, menurut kami, karya-karya yang hebat bukan hanya memiliki bentuk visual yang indah, namun “cerita” (konsep dan arti) di belakangnya juga menjadi tolak ukur nilai sebuah karya.

Sama seperti karya seniman Motoi Yamamoto ini. Beliau mulai memikirkan dan membuat karya seni instalasi dengan jenis ini setelah kakaknya meninggal di usia 24 tahun akibat kanker otak pada tahun 1994. Semenjak pengalaman shock berat atas kehilangan anggota keluarga itu, Yamamoto mulai mengekspresikan perasaannya lewat seni instalasi yang kebanyakan berbentuk labirin, tangga yang hancur dan ditinggalkan atau terowongan sempit terbuat yang semuanya terbuat dari garam. Bentuk-bentuk ini merupakan ekspresi perasaan dan idealisme dari Yamamoto.

Penggunaan garam awalnya terkait dengan pengalaman “kematian” anggota keluarga Yamamoto. Untuk mengatasi trauma atas kehilangan itu, Yamamoto mulai melakukan penelitian hubungan antara kematian dan sosial masa kini. Dan pada akhirnya Yamamoto memilih garam sebagai material karya seninya. Menurut Yamamoto, garam sendiri di Jepang (negara asalnya) berkaitan erat dengan adat istiadat yang sering digunakan di pemakaman. Lambat laun garam menjadi material yang melekat erat dengan seluruh karya Yamamoto. 

Karya Yamamoto ini merupakan bagian dari seni instalasi di mana tidak seperti karya seni lukis, seni patung dan berbagai seni lainnya, karya seni instalasi seringkali memiliki durasi waktu untuk dikagumi yang terbatas dan bukan ditujukan sebagai karya yang bisa disimpan lama atau dimiliki secara pribadi. Mengutip dari perkataan Yamamoto sendiri: “Memories seem to change and vanish as time goes by. However, what I sought for was the way in which I could touch a precious moment in my memories which cannot be attainable through pictures or writings.” Mungkin pilihan Yamamoto untuk menekuni seni instalasi yang tidak berdurasi lama berkaitan dengan konsep kenangan yang menurutnya selalu berubah dan hilang seiring dengan waktu.

Jika Kawan Ruang Nol tertarik mengetahui lebih lanjut konsep dan idealisme Yamamoto, silahkan mengklik: Yamamoto Motoi

 

4. MiArt2 2009: material unik (post 2 Mei 2009)

miart-e5patz: lucu.. tp apa ga disemutin ya roti ma ikannya? atau uda dibumbui berbagai macam perihal kimiawi? explain please ^^

Ruang Nol: Roti-roti yang digunakan dalam karya seni ini sudah dilebur ke dalam resin sintetis (Cairan yang kemudian akan mengeras membentuk benda padat yang mungkin dapat dimasukkan dalam kategori material plastik. Untuk keterangan lebih lanjut klik di: resin) peleburan ini kemudian membuat roti-roti tersebut berada dalam keadaan kedap udara (dan terlebur bersama bahan kimia resin itu sendiri). Salah satu kenalan tim Ruang Nol pernah mengadakan percobaan melebur buah-buahan yang sudah dipotong-potong dan biji-bijian seperti beras dan kacang-kacangan ke dalam resin untuk membuat sebuah karya. Yang terjadi setelah lewat 3 tahun, buah-buahan tersebut mengalami proses kimiawi sehingga warnanya sedikit berubah (dalam kasus ini warna kiwi yang hijau menjadi kecoklatan), namun tidak mengalami pembusukkan atau hancur. Di lain pihak, biji-bijian yang dilebur ke dalam resin sama sekali tidak mengalami perubahan dari segi bentuk.

Terkait penjelasan mengenai roti di atas, Ruang Nol menemukan sebuah website menarik mengenai pemanggang roti dengan teknologi CNC (computer numerical control) yang memungkinkan untuk benar-benar “melukis” di atas roti dengan menggambar di komputer dan kemudian dipindahkan ke atas roti dengan cara memanggangnya. Meski Ruang Nol tidak yakin 100% bahwa dalam karya MiArt ini sang seniman menggunakan teknologi ini, namun teknologi ini sangat menarik untuk diketahui. Bagi Kawan yang tertarik untuk melihat video demonstrasi menggambar di atas roti beserta teknologinya, silahkan klik di: Evil Mad Scientist 

 

 

Terimakasih untuk Kawan-kawan yang sudah meninggalkan komentar dan bertanya. Semoga penjelasan Ruang Nol dapat sedikit membantu. Sekali lagi jika Kawan Ruang Nol mendapati penjelasan kami ada yang kurang tepat, kami akan menerima perbaikan informasi dari Kawan-kawan! =)

~ by K on May 12, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: