(5) Nominasi The Oscars 2009 : Tsumiki no Ie (La maison en petits cubes)

Dan pemenang dari 81st Academy Awards untuk kategori Short Film (Animated) adalah……

 

oleh: Kunio Kato

 

Animasi berdurasi 12 menit ini merupakan sebuah karya yang mengangkat masalah Global Warming yang dipaparkan melalui pengalaman dan kenangan hidup seorang kakek yang hidup sendirian di sebuah daerah yang terkena banjir.

Cerita berkisar pada kenangan si Kakek di rumahnya yang dibangun bertingkat-tingkat untuk menghindari banjir yang semakin lama semakin tinggi. Setelah istrinya meninggal dan anaknya menikah ditambah semua penghuni daerah tersebut pergi meninggalkan daerah itu karena banjir yang semakin parah, sang Kakek benar-benar hidup seorang diri.

Sang Kakek tidak bisa meninggalkan rumahnya karena ia memiliki terlalu banyak kenangan bersama keluarganya. Kenangan-kenangan ini kemudian ditunjukan saat ia menyelam ke lantai-lantai bawah rumahnya sendiri yang tergenang banjir untuk mengambil sebuah pipa yang jatuh. Setiap lantai rumahnya yang telah terendam itu menyimpan berbagai pengalaman bersama istri dan anaknya, serta kenangan masa kecil sang Kakek ketika daerah tersebut belum terendam air.

Ide cerita yang ditampilkan cukup sederhana dengan pengulangan-pengulangan adegan sederhana ketika si kakek menyelam menyusuri lantai-lantai rumahnya. Namun dengan kesederhanaan, Kato berhasil membawa penonton untuk merasakan emosi sang karakter utama, padahal paras sang Kakek digambarkan kaku dan tidak menunjukan banyak perubahan emosional. Dari segi teknik, Kato menggunakan animasi tradisional, di mana animasi ini seluruhnya digambar tangan. Penggunaan palet warna “hangat” dan pemilihan efek suara yang sederhana namun “tepat sasaran” juga mendukung ikatan emosional kepada penonton. Animasi ini kemudian berhasil mendapatkan piala Oscar karena keberhasilan Kato menggabungkan masalah Global Warming dengan gaya personal yang hangat dan menyentuh. 

(oleh: Michelle Wibowo)

 

Apakah Anda menyukai animasi karya Kunio Kato ini? Oscar boleh jadi telah menetapkan juaranya, namun di Ruang Nol Anda sendiri dapat ikut menentukan! Silahkan tinggalkan penilaian Anda pada kotak polling berikut. 

 

Dengan ini post berseri Nominasi The Oscars 2009 telah berakhir. Semoga Kawan-kawan Ruang Nol menikmati semua karya-karya luar biasa ini! Terimakasih atas kunjungannya!🙂

 

Bagi Kawan-kawan yang belum dan berniat untuk menonton karya-karya nominasi The Oscars 2009 yang kami tampilkan sebelumnya, silahkan klik di:

(1) Nominasi The Oscars 2009 : Lavatory-Lovestory

(2) Nominasi The Oscars 2009 : Oktapodi

(3) Nominasi The Oscars 2009 : This Way Up

(4) Nominasi The Oscars 2009 : Presto

~ by K on May 11, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: