Reverso

Seorang designer yang juga terkenal sebagai penulis berbagai buku yang berkaitan dengan design dan dunia kreatif, Bruno Munari pernah menulis di salah satu bukunya “Da cosa nasce cosa”:

“Problematika dalam dunia design lahir dari sebuah kebutuhan”, kata Archer. Maksudnya, orang-orang dalam lingkungan kita merasakan kebutuhan untuk memiliki, misalnya, sebuah mobil dengan harga lebih murah, atau cara lain untuk menata ruang anak-anak di sebuah rumah, atau sebuah resep lebih praktis untuk sesuatu, dan seterusnya…..

Hal-hal seperti di atas adalah keinginan yang akhirnya merupakan sumber “masalah” atau problematika dalam dunia design. Solusi dari permasalahan semacam inilah yang kemudian akan memperbaiki kualitas kenyamanan hidup.

Menurut Beliau, memperbaiki kualitas hidup khalayak banyak dari berbagai aspek dan menjawab “permasalahan” yang dilontarkan oleh masyarakat dengan proses kreatif adalah tugas utama para designer. Bisa disimpulkan bahwa sebuah design selain memiliki bentuk yang indah, juga harus memiliki fungsi yang baik, bahkan luar biasa.

Mungkin salah satu contoh terbaik dari konsep ini adalah jam Reverso dari Jaeger Lecoultre.

 

reverso2

Jam ini mungkin tampak teramat biasa secara sekilas, namun di balik kesederhanaannya, Reverso menyimpan sebuah kualitas fungsi yang teramat luar biasa. Jam ini diciptakan untuk menjawab kebutuhan seorang petugas pemerintahan berkebangsaan Inggris yang kebetulan tinggal di India pada masa kolonial Inggris di sana. Ia memiliki masalah dengan jam tangannya yang selalu hancur akibat hobinya berolah raga Polo.

Suatu hari ia bertemu dengan Cèsar de Trey yang kebetulan pada saat itu adalah salah satu orang yang memiliki hubungan dengan perusahaan pembuat komponen jam, Jaeger Lecoultre, dan memperlihatkan jam tangannya yang rusak. Petugas pemerintahan itu kemudian meminta saran kepada Cèsar de Trey  yang dianggap mengetahui cara agar kaca jam tangannya tidak lekas rusak seperti jam-jam miliknya sebelumnya.

Mendengar permasalahan ini, Cèsar de Trey kemudian menghubungi René-Alfred Chauvot, seorang insinyur Perancis dan memintanya “menjawab” permasalahan petugas pemerintahan itu dengan sebuah design baru. Dari permasalahan inilah, pada tahun 1931, secara resmi lahir jam tangan Reverso yang memiliki ciri khas berbentuk persegi.

 

reverso5

Untuk menjawab permasalahan “kaca rusak” tersebut, Chauvot menciptakan sebuah jam yang dapat diputar sehingga ketika diperlukan, bagian depan jam (yang ditutupi kaca) dapat dibalik sehingga bagian belakang jam yang terbuat dari logam menjadi pelindung dari benturan. (Untuk melihat proses lebih jelas, Anda dapat mengunjungi The Watch Quote)

reverso1

Design Reverso pada awal-awal kelahirannya memang amat sederhana dan klasik, namun seiring dengan perkembangan jaman, Reverso terus menerus melahirkan generasi baru dengan berbagai modifikasi dan penambahan komponen lainnya seperti kalender hingga komponen termahal dalam dunia jam, moon phase (pembaca fase-fase bulan). Kini bagian belakang Reverso tidak hanya berupa logam biasa, namun para designer di Jaeger Lecoultre memanfaatkan “kanvas kosong” ini dengan menambahkan berbagai kreasi untuk mempercantik Reverso.

reverso6Untuk melihat koleksi lengkap Reverso, Anda dapat berkunjung ke situs Jaeger Lecoultre.

 

Teks asli dari “Da cosa nasce cosa” oleh Bruno Munari:

“Il problema di design nasce da un bisogno” dice Archer. Ciò vuol dire che nel nostro ambiente le persone sentono il bisogno di avere, per esempio, un’autoventtura più economica, oppure un diverso modo di sistemare lo spazio per i bambini in casa, oppure un nuovo recipiente più pratico per…

Questi e tanti altri, sono bisogni dai quali può nascere un problema di design. La soluzione di tali problemi migliora la qualità della vita.

~ by K on April 3, 2009.

One Response to “Reverso”

  1. Idee jam kayak gini juga mulai dipake sama merek jam “Fossil” sih.. krmn ini gua sempet liat juga di toko nya..
    tapi masih blum secanggih ini sihh.. hehehee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: