Tagua

Phytelephas atau lebih dikenal dengan nama Tagua adalah jenis material yang terbilang masih cukup muda. Material ini mulai banyak digunakan sebagai pengganti material gading gajah. Penemuan kegunaan Tagua telah menyelamatkan gajah-gajah dari kepunahan karena banyak dibunuh hanya untuk diambil gadingnya.

Hingga saat ini Tagua banyak digunakan terutama pada produk-produk berdimensi kecil seperti aksesoris fashion atau hiasan interior seperti patung ukiran. Tagua juga banyak diproduksi sebagai material semi-jadi untuk kemudian digunakan dalam produk-produk lain, misalnya kancing untuk produksi baju, beads untuk produksi aksesoris, dan sebagainya.

Tagua berasal dari keluarga pohon palem yang banyak ditemukan di Amerika Selatan. Buah Tagua sendiri tampak mirip dengan buah nangka atau durian, dan di dalamnya teradapat biji-biji Tagua yang digunakan sebagai material pengganti gading.

tagua

tagua7

Bentuk dan ukuran biji Tagua sangat bervariasi, dari sebesar buah melinjo hingga sebesar buah salak. Biji tagua sebelum diproses, dilapisi dengan sejenis kulit ari yang menyerupai selaput kasar berwarna kecoklatan. Biasanya bagian yang digunakan adalah bagian tengah biji Tagua yang berwarna putih gading. Untuk mengambil bagian ini biasanya bagian luar biji diamplas dan dibersihkan hingga kulit ari hilang sepenuhnya. Namun kini tak jarang untuk mendapatkan kesan lebih natural, biji Tagua hanya “setengah dibersihkan” sehingga terlihat gurat-gurat putih dengan latar belakang coklat.

tagua6

Di beberapa bagian tertentu biji Tagua biasanya terdapat sebuah lubang alami. Para pengerajin profesional di Amerika Selatan biasanya memanfaatkan lubang ini dan menjadikannya bagian dari karya yang mereka buat.

tagua41

Biji Tagua ini sangat keras dan mengandung minyak alami. Pengolahan biji Tagua secara manual bagi para pemula bukanlah suatu hal yang mudah, namun para pengerajin profesional di Amerika Selatan dengan alat ala kadarnya dapat dengan mudah menyulap Tagua menjadi sebuah karya seni dan produk yang mengagumkan.

 

Apa yang bisa dilakukan dengan Tagua?

Untuk produk yang diproduksi secara masal, biasanya Tagua diolah dengan mesin. Sedangkan untuk produk seni atau hiasan rumah, biasanya Tagua diolah secara manual oleh pengerajin.

tagua9

Dengan proses tertentu biji Tagua dapat diberi warna untuk berbagai keperluan di bidang-bidang tertentu agar tampak lebih bervariasi dan lebih menarik.

tagua2

Dengan teknik pyrograph (menghias di atas material, dalam hal ini khususnya kayu, dengan sumber panas) Tagua dapat dihias dengan gambar yang diinginkan. Namun karena Tagua mengandung minyak alami, pengerjaan ini akan sedikit lebih sulit dibanding dengan pengerjaan di atas kayu.

tagua3

~ by K on March 12, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: