Lomba Desain Poster “Deep Indonesia 2009″

Lomba Desain Poster “Deep Indonesia 2009″
Lomba Desain Poster “Deep Indonesia 2009″

LATAR BELAKANG.

Pameran DEEP Indonesia 2009 adalah sebuah pameran internasional yang
memamerkan perkembangan aktivitas selam, wisata petualangan dan olah
raga air di Indonesia, yang akan diselenggarakan mulai tanggal 27-29
Maret 2009 di Hall A, Jakarta Convention Center.

Deep Indonesia 2009 memiliki sasaran untuk mempromosikan industri
wisata bahari melalui kegiatan selam, olah raga perairan dan wisata
petualangan sekaligus mengajak masyarakat untuk mencintai laut dan
sumber daya kelautan. Salah satu tujuan dari pameran DEEP Indonesia
2009 adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap konservasi
lingkungan hidup terutama lingkungan hidup kelautan dan sumber daya
kelautan. Tujuan inilah yang menjadi dasar dari diselenggarakannya
Lomba Desain Poster Digital oleh PT. Exhibition Network Indonesia,
sebagai penyelenggara pameran bekerjasama dengan Coremap II, sebuah
lembaga rehabilitas terumbu karang di bawah Departemen Kelautan &
Perikanan.

DEEP Indonesia 2009 didukung sepenuhnya oleh Departemen Kebudayaan
dan Pariwisata, Departemen Kelautan dan Perikanan, Kementerian
LIngkungan Hidup dan Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia.
Departemen Kebudayaan dan Pariwisata secara resmi telah mencanangkan
pameran DEEP Indonesia sebagai salah satu agenda nasional untuk
pengembangan industri selam dan wisata bahari di tanah air. DEEP
Indonesia 2009 juga mendapat dukungan penuh dari media-media komunitas
terkait tingkat internasional.

LINGKUP KARYA DAN PESERTA LOMBA.

Kompetisi desain poster dalam wujud digital untuk pelajar SMU dan mahasiswa sekolah/perguruan tinggi se-Indonesia.

Poster merupakan medium komunikasi yang efektif untuk menyampaikan
pesan yang singkat tetapi padat, dan impresif karena ukurannya yang
relatif besar. Desain poster digital yang dimaksud adalah karya poster
dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/
digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital
agar berwujud digital. Tujuan digitalisasi ini adalah agar mempercepat,
mempermudah dan mengurangi pengeluaran biaya pencetakan. Walaupun
bentukan akhirnya adalah digital, tetapi peserta lomba dianjurkan untuk
melakukan penilaian ulang mengenai faktor ukuran sebenarnya dari poster
tersebut; yaitu setara dengan 60 x 90 cm.

Peserta lomba adalah khusus pelajar SMU dan mahasiswa di
sekolah/perguruan tinggi se-Indonesia, yang masih aktif dan memiliki
bukti yang kuat atas statusnya tersebut dari sekolah/perguruan tinggi
tempatnya berada.

OBJEKTIF LOMBA.

a. Tema poster: “Keharmonisan Manusia dengan Terumbu Karang untuk Ikan Berlimpah”

b. Target poster: sasaran utama komunikasi adalah untuk para nelayan, sasaran sekundernya adalah masyarakat luas.

c. Tujuan poster:
– mengkomunikasikan tema,
– menggugah para nelayan dan masyarakat umum untuk menjadi
individu/komunitas yang aktif berpartisipasi menjadi agen pelestari
lingkungan hidup dan sumber daya kelautan, – menghidupkan kecintaan
para nelayan dan masyarakat umum akan manfaat kelestarian alam untuk
kekayaan potensi kehidupan laut, serta keindahan alamnya,
– menggugah kesadaran para nelayan dan masyarakat umum agar melakukan
upaya pencegahan individu/kolektif atas perusakan kehidupan kelautan.

d. Anjuran:
Peserta lomba dianjurkan untuk memperdalam referensi tentang tema
lomba, membangun esensi masalah dan sasaran komunikasi (terutama cara
pemilihan kata-kata yang cocok untuk para nelayan), serta mengkaji
manfaat desain dan fungsi poster.

KETERANGAN TEKNIS LOMBA.

a. Format karya poster:
– karya asli: dibuat dengan format RGB, tiff, ukuran 3543 x 5315 pixels
(setara dengan 60 x 90 cm, 150 pixels/inch), posisi vertikal,
– thumbnail (perkecilan) karya: dibuat dengan format RGB, jpg, ukuran
534 x 800 pixels (setara dengan 9 x 13.5 cm, 150 pixel/inch), posisi
vertikal, file size < 220 KB.

b. Ketentuan karya:
– teknis dan gaya visualisasi bebas, orisinal, asli 100% buatan sendiri
dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta dan etika pembuatan
karya cipta (bukan tiruan atau jiplakan),
– apabila ada pembuktian pelanggaran ketentuan ini, karya akan dianulir dan/atau dibatalkan penghargaannya,
– karya bisa berupa hasil kerja individual atau kolaborasi dengan
mengatasnamakan salah satu individu yang terlibat penuh dan memenuhi
persyaratan sebagai peserta,
– karya bisa dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau
dibuat/digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto
digital, sehingga berwujud digital,
– hak cipta seluruh karya yang diterima panitia merupakan milik
masing-masing peserta. Panitia, penyelenggara dan pihak sponsor berhak
mempublikasikan karya tersebut dengan memberi informasi/kredit pemilik
hak ciptanya.

c. Ketentuan isi paket/amplop pengiriman karya:
– 1 buah CD (compact disc) berisi karya asli dan thumbnail karya
– 1 buah komputer printout karya ditempel ke atau pada kertas A4 tebal
– 1 formulir registrasi lomba (cetakan/printout/ foto kopi) yang sudah
diisi lengkap (biodata dan penjelasan/rasionalisasi karya)
– 1 buah copy KTP
– 1 buah copy kartu pelajar atau mahasiswa
– 1 surat keterangan yang menyatakan pelajar atau mahasiswa yang masih aktif.
– Tulis “Lomba Desain Poster Deep Indonesia 2009” pada sudut kiri atas amplop dan amplop tidak digulung/dilipat.

d. Waktu dan alamat pengiriman karya:
– paket/amplop karya selambat-lambatnya diterima di alamat panitia tanggal: 20 Maret 2009, jam 17.00 wib (BUKAN CAP POS)
– karya dikirim langsung/via pos ke alamat panitia.

PENJURIAN.

Seluruh karya terkirim akan mendapat kesempatan dinilai oleh dewan
juri, satu nama peserta hanya punya kesempatan untuk mendapat satu
penghargaan. Dewan Juri terdiri dari praktisi/desainer senior,
pendidik/dosen DKV dan wakil dari penyelenggara dan sponsor (Xnet &
Coremap).

Hal yang dijadikan dasar penilaian juri adalah:
– orisinalitas karya,
– kesesuaian tema dan konsep desain,
– lingkup kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam menyampaikan pesan,
– inovasi serta sisi artistik penyajian visual.

PENGHARGAAN

Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan sertifikat dan hadiah apresiasi, dalam bentuk sebagai berikut:
a. Pemenang pertama: uang Rp. 5.000.000,-dan hadiah hiburan sponsor
b. Pemenang kedua: uang Rp. 3.000.000,- dan hadiah hiburan sponsor
c. Pemenang ketiga: uang Rp. 2.000.000,-dan hadiah hiburan sponsor
d. Beberapa peserta finalis lainnya akan mendapat hadiah dari sponsor.

Karya pemenang, finalis dan beberapa karya peserta yang layak, akan
dipamerkan di acara DEEP Indonesia 2009, tanggal 27-29 Maret 2009 di
Hall A, Jakarta Convention Center, dan akan diberikan sertifikat tanda
keikutsertaan pameran dan publikasi tingkat internasional. Pengumuman
pemenang akan dilaksanakan pada acara tersebut pada tanggal 29 Maret
2009. Karya finalis juga akan ditayangkan mulai tanggal 25 Maret 2009
di situs DGI (Desain Grafis Indonesia) dengan alamat:
http://www.desaingrafisindonesia.co.cc.

Karya yang masuk menjadi milik dan dokumentasi panitia. Tidak diadakan komunikasi apapun dengan panitia.

INFORMASI LEBIH LANJUT:
Panitia Lomba Desain Poster Digital
DEEP Indonesia 2009
Jl. Tebet Barat 5C no 30
Jakarta 12810

KONTAK PANITIA: (harap tidak via sms)
Stella: 0812 959 8875
Ellen: 0818 162 435

INFORMASI INI DAN FORM REGISTRASI LOMBA BISA DIAKSES DARI:
http://www.deepindonesia.com
http://www.fdgi.info
http://www.desaingrafisindonesia.co.cc

~ by Valentinus RK on February 27, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: